3 Cara Merawat Furnitur Meja dan Kursi

3 Cara Merawat Furnitur Meja dan Kursi

Rasanya furnitur yang terbuat dari bahan kayu masih menjadi favorit bagi banyak orang. Kelebihan memiliki furnitur dari bahan kayu cukup banyak, pertama lebih tahan lama, kedua tidak mudah rusak, dan ketiga punya desain yang cenderung modern.

Meja dan kursi yang terbuat dari kayu pasti biasanya dijadikan furnitur tempat makan atau furnitur teras. Maka dari itu sudah dipastikan dalam setiap rumah selalu ada furnitur yang terbuat dari kayu, khususnya meja dan kursi.

Namun, memiliki meja dan kursi yang terbuat dari kayu, juga punya tantangannya. Apa saja itu? Dari segi perawatan. Jika meja dan kursi tidak dirawat secara benar dan rutin, maka daya tahannya juga akan berkurang setiap tahunnya.

Apa lagi yang punya desain minimalis, pastinya sangat disayangkan jika terjadi kerusakan pada meja dan kursi. Oleh karena itu penting untuk merawat agar meja dan kursi minimalis bisa tahan lama. Lalu apa saja macam-macam perawatannya? Cek daftarnya di bawah ini:

Letakkan pada suhu normal

Untuk menggunakan meja dan kursi minimalis yang terbuat dari kayu, penting untuk Anda menata meja dan kursi tersebut pada sudut yang tepat. Usahakan meletakkan meja dan kursi kayu pada kondisi suhu normal. Pasalnya, jika furnitur kayu langsung terpapar sinar matahari, maka permukaannya akan cepat terkelupas sehingga menimbulkan kerusakan awal pada meja dan kursi.

Jika meja dan kursi diletakkan pada suhu yang terlalu dingin, maka bahan kayu pasti akan mengalami lembab sehingga kekokohan meja kursi juga akan berkurang. Untuk itu penting bagi Anda menata meja kursi pada sudut yang pas.

Jangan sampai terkena air

Meja makan identik dengan air tumpah atau cairan lainnya yang berasal dari masakan. Noda air di atas meja makan jika dibiarkan maka akan merusak tekstur kayu. Jika sudah begitu tentu akan membuat tampilan meja menjadi tidak menarik lagi.

Bagaimana cara menghilangkannya? Mudah sekali. Caranya dengan mengusapkan campuran pasta gigi dan baking soda atau campuran minyak goreng dan abu dengan kain lembut. Untuk noda yang kecil, Anda cukup mengusap campuran tadi dengan menggunakan jari. Cukup mudah bukan? Nah, jika ada air yang tumpah di meja makan, maka segera lakukan cara ini.

Rutin membersihkan meja dan kursi

Untuk membuat meja dan kursi jadi lebih tahan lama, ada baiknya Anda membersihkannya secara berkala. Cara membersihkan paling praktis adalah dengan menyemprotkannya dengan pledge atau cairan pelapis furnitur secukupnya pada permukaan meja dan kursi. Dengan membersihkannya secara berkala, meja dan kursi akan selalu tampak baru dan tentunya interior rumah pun jadi lebih menarik lagi.

Itulah cara-cara merawat furnitur meja dan kursi kayu yang bisa Anda terapkan dengan sangat mudah dan praktis. Dengan memperhatikan poin-poin di atas, dijamin furnitur kayu Anda akan sangat tahan lama dan bisa digunakan dalam jangka waktu bertahun-tahun.

Keuntungan lainnya dalam merawat meja kursi kayu adalah menghemat pengeluaran untuk membeli meja kursi kembali saat furnitur yang Anda miliki cepat rusak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *