6 Cara Mewujudkan Desain Rumah yang Bernuansa Natural

Setiap keluarga pastinya memiliki desain rumah impiannya masing-masing. Sebagian besar berkeinginan untuk mendatangkan nuansa alam ke dalam hunian mereka karena nuansa alam dipercaya mampu menghadirkan kesan hangat, tentram, dan nyaman sekaligus.

Disamping itu, memiliki desain rumah yang bernuansa natural berarti juga menyelaraskan dengan gaya hidup masyarakat masa kini yang sehat, hemat energi, dan mencintai lingkungan. Tidak heran, desain rumah ramah lingkungan jadi favorit banyak keluarga.

Bicara soal bagaimana mewujudkan desain rumah yang bernuansa natural sebenarnya tidaklah sulit, kamu hanya perlu menyimak tips berikut ini dengan seksama!

1. Kombinasikan warna tanah dengan warna modern
Simbol yang khas dari desain rumah bernuansa natural terpancar dari warna-warna tanah atau earthy tone yang digunakan, seperti cokelat, oranye, kuning langsat, dan krem.

Memadukannya dengan warna putih dan warna gelap yang lekat dengan kesan modern, yakni abu tua atau biru dongker bisa menjadi kombinasi warna yang apik. Seperti pada kamar tidur ini, warna-warna tanah yang datang dari lemari dan pilihan sprei terbalut oleh selimut dan cat dinding yang berwarna putih dan kelabu.

2. Hadirkan nuansa kayu ke dalam ruang makan
Coba terapkan kembali kombinasi warna pada kamar tidur ke dalam ruang makan. Bedanya, nuansa natural pada desain rumah kini diperkuat dari unsur kayu yang mendominasi.

Penggunaan furnitur berbahan kayu pada meja makan, kursi, dan lemari menghadirkan kesan rustik yang bersahaja. Desain rumah bernuansa alam kemudian diseimbangkan dengan jajaran kursi makan bergaya skandinavian.

3. Segarkan sudut ruangan dengan indoor plant
Menempatkan tanaman hias pada desain rumah secara psikologis membuat kamu jadi merasa lebih dekat dengan alam. Di dalam desain rumah bernuansa natural ini, kamu bisa meletakan indoor plant di samping furnitur yang tidak begitu sering digunakan, misalnya di sebelah kabinet dan rak TV, ataupun diletakkan di sudut-sudut ruangan.

4. Bukaan udara dan cahaya alami pada ruang keluarga
Pada konsep desain rumah modern, ruangan keluarga merupakan pusat dari sebuah hunian. Oleh karena itu, ruangan ini perlu memiliki banyak bukaan sebagai jalan masuknya udara dan cahaya alami ke dalam rumah.

Menerapkan konsep desain rumah seperti ini bisa mengurangi penggunaan lampu dan pendingin ruangan di siang hari.

Pencahayaan berwarna natural dari lampu gantung bambu bisa membantu mencipatakan keintiman yang harmonis pada desain rumahmu. Memakai meja samping juga bisa memberikan akses mobilitas yang lebih untuk ruang keluarga yang mungil.

5. Ciptakan konsep teras rumah yang asri
Teras yang asri pada sebuah desain rumah adalah teras yang tertata dengan rapi. Selain kamu harus menggunakan furnitur outdoor, furnitur tersebut sebaiknya tidak ditempatkan langsung di depan jendela, sehingga tidak menghalangi cahaya masuk ke dalam ruangan. Pot tanaman hias bisa kamu tempatkan di sisi-sisi bangku atau di sudut teras.

6. Gunakan pernik dekorasi yang alami
Desain rumah yang bernuansa natural berarti juga sebuah hunian yang ramah lingkungan. Gunakanlah pernik dekorasi yang berasal dari material organik, seperti keranjang anyam dan dekorasi dinding yang terbuat dari anyaman.

Hiasi juga desain rumah tersebut dengan benda-benda buatan tangan seperti vas bunga dan mangkuk dari tanah liat.

Itulah enam cara yang bisa kamu coba demi mewujudkan desain rumah bernuansa natural yang menjadi impianmu.

Selamat mencoba!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *