Cara mudah singkirkan duri ikan yang tersangkut di kerongkongan

Cara Mudah Menyingkirkan Duri Ikan yang Tersangkut di Tenggorokan

Ikan merupakan salah satu sumber protein penting yang bisa diolah menjadi berbagai kuliner lezat. Namun, yang menyebalkan saat menyantap ikan adalah durinya.

Bagi yang tidak teliti, duri-duri itu bisa ikut tertelan bersama makanan lain. Mending kalau langsung masuk ke perut. Nah, kalau tersangkut di tenggorokan, susah-susah gampang menyingkirkannya.

Anda akan tersiksa, bahkan bisa sampai berhari-hari. Makan tidak enak, tidur pun tak nyenyak.

Parahnya lagi jika duri itu sampai menimbulkan infeksi. Wah, jangan sampai ya.

Oleh karena itu, aturan pertama menyingkirkan duri dari kerongkongan adalah jangan memakai tangan Anda. Hal ini berbahaya karena bisa menimbulkan infeksi dan cedera pada kerongkongan Anda. Apalagi jika tangan Anda kotor.

Nah, berikut ada cara mudah menyingkirkan duri ikan dari kerongkongan Anda, seperti dikutip dari laman Hellosehat.com:

Batuk

Hal pertama yang bisa Anda coba adalah batuk. Jika duri tidak tersangkut dalam, batuk yang kencang dapat membantu mengeluarkan duri ikan yang terjebak di dalam kerongkongan.

Coba juga minum dengan air dicampur sejumput garam. Jika durinya tidak terlalu besar, seharusnya cara ini ampuh mengusir duri.

1. Nasi

Jika batuk tidak mempan, coba kepal nasi hangat menjadi bola-bola kecil. Ingat, jangan terlalu besar ya karena Anda bisa tersedak.

Setelah itu, telan bulat-bulat nasi itu, tanpa dikunyah. Nasi akan membantu mendorong duri masuk ke saluran pencernaan.

Jangan lupa, siapkan segelas air. Begitu duri tak lagi terasa menusuk di tenggorokan, minumlah yang banyak untuk melancarkan jalur nasi tadi.

2. Marshmallow dan minyak zaitun

Selain nasi, Anda juga menggunakan beberapa marsmallow. Bedanya, marshmallow harus dikunyah dulu, tapi jangan sampai halus. Kemudian telan.

Marshmallow memiliki tekstur tebal dan kenyal, ketika terkena air liur berubah menjadi lengket. Hal ini memungkinkan duri menempel pada marshmallow. Duri pun bisa terbawa dan luruh menuju pencernaan.

Anda juga bisa menggunakan minyak zaitun loh. karena sifat minyak licin.

Caranya mudah. Campurkan air hangat dengan minyak zaitun, lalu minumlah. Minyak zaitun akan melumasi kerongkongan sehingga duri mudah terlepas.

3. Pisang

Sama seperti makan nasi, Anda bisa mengonsumsi beberapa pisang yang sudah dipotong-potong dengan ukuran sedang, dan mengemutnya di dalam mulut. Ingat, jangan dikunyah dan biarkan bentuknya agak kasar.

Setelah tercampur sedikit air liur, telanlah perlahan-lahan pisang itu. Sama seperti nasi, Anda perlu menakar jumlah pisang yang masuk ke mulut agar tidak tersedak. Setelah itu, minumlah segelas air.

Tekstur pisang yang agak lengket bisa ‘mengikat’ duri agar terlepas dari kerongkongan.

Jika semua cara itu tidak berhasil, kemungkinan duri sudah tersangkut dalam. Anda harus konsultasi dengan dokter spesialis THT. Apalagi jika Anda sudah merasakan nyeri diikuti dengan pembengkakan di sekitar kerongkongan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *