Ini 10 Prosedur Retur Barang di Toko Online Blibli

Anda hobi belanja di toko online? Salah satu kelemahan belanja online adalah Anda tidak bisa memegang barangnya. Ketika baju atau sepatu pesanan datang, ukurannya bisa terlalu besar atau terlalu kecil. Jangan kapok untuk belanja online karena di Blibli ada fasilitas retur alias pengembalian barang. Bagaimana caranya? Ini dia prosedur retur di Blibli.

  1. Masa Retur

Barang yang Anda beli di Blibli tidak bisa diretur setelah 15 hari. Jadi, setelah pesanan baju atau sepatu sampai, lihat dengan teliti. Jika ada cacat produk atau ukuran yang salah, maka segera hubungi customer care Blibli untuk menanyakan prosedur pengembalian barang. Segera kembalikan barang pesanan ke kantor Blibli, baru Anda akan mendapat gantinya.

  1. Isi Formulir Pengembalian Barang

Anda bisa membuka akun profil di situs Blibli untuk mengisi formulir pengembalian barang. Sebelum mengisi formulir itu, klik “pengembalian barang” dan selanjutnya klik “ajukan pengembalian produk”, baru klik tulisan “pesanan selesai”. Setelah itu, klik di tulisan “pengembalian produk” dan isi formulir pengembalian produk dengan lengkap.

Setelah mengisi formulir, klik tulisan “pengembalian produk” dan beri tanda V (tanda centang), baru klik tulisan “lanjutkan”. Di sana akan ada tulisan “deskripsikan keluhan Anda”, lalu isilah dengan keluhan Anda. Misalnya, ukuran baju terlalu kecil atau warna sepatu beda dengan pesanan. Setelah mengisi kolom, upload foto produk dan pastikan resolusinya besar.

  1. Syarat dan Ketentuan

Barang yang akan Anda kembalikan harus memenuhi syarat dan ketentuan. Misalnya, jika Anda membeli smartphone di toko online Blibli, maka saat dikembalikan kondisinya harus lengkap dengan dosbook, charger, dan buku petunjuk. Jika barang yang diretur tidak lengkap, maka proses pengembalian dan penggantian barang tidak akan terjadi.

  1. Konfirmasi Nomor Pengembalian dan Pengemasan Barang

Setelah Anda membaca dan mengeklik syarat dan ketentuan pengembalian barang, maka Anda akan mendapat nomor pengembalian barang. Jangan mengirim barang ke kantor Blibli sebelum mendapat nomor tersebut. Setelah mendapat nomor, baru Anda mengemas produk yang akan dikembalikan.

Cara pengemasan produk itu dengan melindunginya dengan bubble wrap dan kemas dengan rapat dan rapi. Saat menaruh barang juga harus rapi, tidak boleh terbalik. Pastikan Anda mengemasnya dengan 2 buah kardus dan dirapatkan dengan selotip yang lebarnya minimal 4 cm. Jika barang adalah benda pecah-belah, lengkapi dengan stiker fragile.

  1. Mengirim Kembali Barang

Produk dari Blibli yang akan Anda kirim ulang bisa dikirim melalui pos atau jasa ekspedisi lain. Tempelkan kertas di paket yang berisi alamat Blibli (PT. GLOBAL DIGITAL NIAGA, Bagian Return Management Jl. Dewi Sartika nomor 184, Kramat Jati,  Cawang, Jakarta Timur, Kode Pos 13630). Pada kertas itu ada nomor pengembalian, nama, alamat, dan nomor telepon Anda.

  1. Menunggu Proses Retur

Paket yang sudah diterima oleh Blibli akan diurus proses returnya setelah 24 jam. Anda bisa menelepon customer care untuk mengetahui apakah paket tersebut sudah sampai. Pihak Blibli akan membuka paket dan meneliti, di mana letak kesalahannya. Jika kesalahan ada pada penjual, maka Anda berhak mendapat barang penggantinya, tapi jika paket rusak, tidak bisa diretur.

Anda bisa bebas belanja di toko online Blibli karena harganya murah dan barangnya bisa dikembalikan, selama tidak lebih dari 15 hari. Pastikan Anda mengisi formulir pengembalian dengan lengkap beserta dengan foto produk. Sebelum mengirim produk kembali ke kantor Blibli, pastikan Anda mendapat nomor pengembalian. Barang akan diretur dan Anda puas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *